Widgets

Kekayaan Salim dan CT Melonjak Signifikan

Diposting oleh Unknown on Selasa, 12 Maret 2013
Kekayaan Salim dan CT Melonjak Signifikan - Forbes kembali merilis daftar 40 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2012. Kakak beradik Budi Hartono dan Michael Hartono tetap bertahan di peringkat pertama dengan kekayaan senilai 15 miliar dollar AS. Kekayaan keduanya meningkat 1 miliar dollar AS yang sebagian besar dikontribusikan dari kepemilikan saham di Sarana Menara Nusantara.

Meskipun demikian, kepemilikan saham di PT Bank Central Asia (BBCA/BCA) tetap menjadi kontributor utama total kekayaan mereka dengan nilai mencapai 11 miliar dollar AS. Tak ketinggalan, keluarga ini juga memiliki perusahaan rokok Djarum, perkebunan kelapa sawit, dan pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, Grand Indonesia.


Eka Tjipta Widjaja menduduki posisi kedua dalam daftar dengan nilai kekayaan sebesar 7,7 miliar dollar AS, turun 300 juta dollar AS dari tahun sebelumnya. Keluarga Eka Tjipta memiliki Golden Agri Resources yang merupakan perusahaan sawit terbesar kedua di dunia.

Susilo Wonowidjojo berada di posisi ketiga dalam daftar dan merupakan konglomerat yang mengalami penurunan nilai kekayaan terbesar tahun ini. Nilai kekayaan Susilo turun 3,1 miliar dollar AS menjadi 7,4 miliar dollar AS seiring turunnya harga saham produsen rokok PT Gudang Garam yang dimiliki Susilo Wonowidjojo dan keluarga.

Saham Gudang Garam anjlok hampir 25 persen akibat penurunan laba bersih sebesar 22 persen di sembilan bulan pertama tahun 2012. Meski rokok kretek sangat populer di Indonesia, Pemerintah AS memberlakukan larangan atas jenis rokok tersebut karena kekhawatiran pemberian perisa pada rokok akan menarik keinginan orang, terutama anak-anak untuk merokok.

Anthoni Salim dan Chairul Tanjung menempati peringkat keempat dan kelima dalam daftar. Anthoni Salim memiliki perusahaan dengan beragam bisnis, seperti semen, ritel, dan telekomunikasi. Kekayaan Anthoni Salim melonjak 1,6 miliar dollar AS menjadi 5,2 miliar dollar AS.

Sementara kekayaan Chairul Tanjung (nomor 5) meningkat 1,3 miliar dollar AS menjadi 3,4 miliar dollar AS berkat perkembangan pesat Trans Corp Media. CT Corp milik Chairul Tanjung memiliki saham di Bank Mega, taman rekreasi, dan mengoperasikan waralaba Armani dan Jimmy Choo.

Justin Doebele, Penasihat Redaksi Forbes Indonesia, melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil tahun ini berkontribusi dalam peningkatan kekayaan para konglomerat. “Khususnya mereka yang memiliki fokus bisnis di barang konsumer dan jasa bagi para konsumen kelas menengah,” ujarnya.

Pendatang baru dalam daftar tahun ini di antaranya Lim Hariyanto Wijaya Sarwono (nomor 30), salah satu miliarder di negara ini dengan kekayaan senilai 1,03 miliar dollar AS, setelah mencatatkan saham perusahaan sawitnya, Bumitama Agri, di Singapore Exchange.

Pendatang baru lainnya termasuk Alexander Tedja (nomor 36) dengan kekayaan senilai 790 juta dollar AS, Sudhamek (nomor 38) dengan kekayaan senilai 760 juta dollar AS, dan Eddy Kusnadi Sariaatmadja (nomor 40) dengan nilai kekayaan 730 juta dollar AS.

Catatan saja, Forbes menyusun daftar ini berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya. Jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki oleh keluarga besar seperti pada penghitungan kekayaan Susilo Wonowidjojo.

Kekayaan yang diperoleh dari perusahaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar uang per 14 November 2012. Sementara itu, dasar penghitungan untuk perusahaan tertutup menggunakan perusahaan sejenis yang sahamnya diperdagangkan secara publik sebagai pembanding. (Dyah Megasari/Kontan)
 
Support - Raisa BontangPost Design by Tutorial SEO Blogspot Suara Bontang